Ulasan 1 - How Do Hard drives Work

Pernahkah kalian berpikir bagaimana caranya sebuah objek sebesar tangan kita dapat menampung jutaan memori yang harus kita ingat? Disni saya akan mengulas sebuah video dari YouTube berjudul "How do hard drives work? - Kanawat Senanan" yang dipublish oleh TED-Ed pada 29 Oktober 2015. Untuk lebih jelasnya dapat langsung ditonton videonya di sini .

Video ini menjelaskan hard drive pada bagian umum. Hard drive adalah tumpukan dari disk berputar yang terdapat sebuah kepala recorder melayang diatas masing masing permukaan disknya. Setiap disk di lapisi oleh sebuah film yang terdapat butiran butiran logam magnetik seukuran mikroskopik. Lapisan lapisan tersebut dicetak sebagai pola pola magnetis yang dibentuk dari kelompok butiran tersebut yang sekarang biasa didengan dengan sebutan bit. Setiap kelompok tersebut membentuk satu arah gelombang magnet longitudinal yang merepresentasikan nilai 0 dan 1. Dari tumpukan bit akan di konversi sebagai arus listrik melalui elktromagnet  dimana arus tersebut akan ditangkap oleh recorder lalu dikonversi ulang menjadi String of bits yang merepresentasikan suatu perintah untuk komputer.

Namun karena kumpuln bits tersebut membutuhkan suatu area pada disk, maka dapat dilihat pada zaman dahulu hard drives merupakan objek yang bervolume sangat besar bahkan ada yang seukuran dengan badan kita. Lalu ukuran tersebut mengurang sejalan dengan perkembangan matematika dan fisika, menyusutkan area yang kecil pada disk. Meskipun begitu pennyusutan ukuran akan memudahkan hard drive terserang oleh daya panas. Daya panas tersebut menyerang hard drive dan menyebabkan gelombang bits berputar tidak sesuai arah dan mengakibatkan data loss. Maka dari itu saintis mengubah infrastruktur disk dari gelombang longitudinal menjadi sebuah gelombang prependikular yang juga akan membantu perekaman data dengan Heat Assisted Magnetic Recording.

Video ini sangat bagus untuk ditonton oleh masyarakat yang ingin tahu tentang bagamaina sebuah har drive bekerja. Video ini menjelaskannya secara ringkas dan jelas melalui animasi yang ditampilkan dan juga bahasa yang digunakan cukup umum.

Sekian ulasan video "How do hard drives work? - Kanawat Senanan". Terima kasih.

Github Account : LAdhito
URL Ulasan : http://deadlinenyabesok.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-how-do-hard-drives-work.html
URL Youtube : https://youtu.be/wteUW2sL7bc (5:12)
Materi : WEEK-09
Tanggal submisi revisi pertama : 23 Mei 2017 06.41
Tanggal submisi revisi terakhir : 23 Mei 2017 06.41

Comments

Popular Posts